Soto Banjar

Soto Asli Banjar Kalimantan Selatan
Sekarang kita jalan-jalan ke propinsi Kalimantan selatan, tepatnya kota Banjarmasin. Sudah beberapa kali saya tuliskan di artikel saya, di kota Banjarmasin ini, kita juga bisa temui menu soto seperti di jawa. Betul, kita bisa menemukan masakan khas berkuah juga, dimana masakan ini tidak kalah juga dengan masakan soto-soto yang bisa kita temukan di jawa.


Soto yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan lezat ini, dinamakan soto banjar, entah dulu siapa yang menamai duluan. Apa gara-gara berasal dari Banjarmasin, sehingga dinamai dengan nama soto Banjar? (masin).

Okay, kita nggak usah terlalu mikir dengan penamaan soto banjar ini J. Yang pasti, soto ini sangat gurih dan lezat, kuahnya bening dan tidak memakai santan seperti soto medan ataupun soto lamongan dari jawa timur.

Bahan utama soto banjar ini juga terbuat dari daging ayam yang disuwir-suwir seperti penyajian soto-soto yang lain, cuman yang membedakan, terdapat pada kuahnya yang gurih.  Soto ini enak dinikmatin selagi panas.

Jika anda menyukai masakan berkuah, anda layak mencoba menu soto banjar yang satu ini, dijamin akan menambah varian rasa untuk soto yang sudah ada. Berikut beberapa bahan yang harus dipersiapkan.

BAHAN PEMBUAH SOTO BANJAR

§  1,5 liter kaldu ayam ( didapat dari rebusan daging ayam)
§  4 butir telur rebus, belah menjadi 2
§  1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian
§  Soun secukupnya, rendam dalam air panas hingga empuk, sisihkan
§  Perkedel kentang

BUMBU SOTO BANJAR :
§  1/2 sdt lada
§  1/2 bagian pala
§  Kayu manis 1 buah
§  8 siung bawang merah
§  5 siung bawang putih
§  4 buah cengkeh
§  3 buah kapulaga
§  Seledri secukupnya, iris halus
§  Daun bawang secukupnya, iris halus
§  Garam secukupnya
§  Penyedap rasa secukupnya ( optional)

BAHAN untuk SAMBAL  soto  banjar

§  50 gram cabe merah
§  10 gram cabe rawit
§  5 butir kemiri
§  1 sendok teh terasi
§  Garam dan penyedap rasa secukupnya

PELENGKAP  untuk penyajian:
§  Bawang goreng untuk taburan diatas nasi
§  Jeruk nipis, belah-belah, peras

CARA MEMBUAT SOTO  BANJAR lezat
1.      Pertama yang harus dilakukan adalah,  bersihkan daging ayam terlebih dahulu, rebus hingga daging ayam empuk, angkat dan suwir kecil-kecil/ sesuai selera
2.      bawang merah, bawang putih, lada dan pala dihaluskan, setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan mentega biar harum, sisihkan.
3.      Panaskan / rebus kaldu ayam, kemudian masukkan daun bawang, cengkeh, kayu manis, seledri, kapulaga, garam dan penyedap rasa secukupnya. Lalu masukkan juga bumbu yang sudah ditumis, rebus hingga mendidih.
4.      Sembari menunggu matang, cuci bersih soun, lalu siram atau rebus soun dengan air panas hingga empuk, sisihkan.
5.      Untuk bahan sambalnya, semua bahan untuk sambal dihaluskan, tumis sebentar dan angkat, kemudian haluskan lagi dengan ditambah penyedap rasa secukupnya ( optional )..
6.      Setelah kuah soto mendidih, tata soun dan telur yang telah dibelah kedalam mangkuk saji, tambahkan juga suwiran ayam, kemudian siram dengan kuah kaldu selagi masih panas.
7.      Sebagai pelengkap, tambahkan perkedel kentang, jeruk nipis, sambal, kecap manis dan taburan bawang goreng.
8.      Soto banjar siap untuk dihidangkan.


Selamat mencoba resep baru soto banjar khas Banjarmasin Kalimantan Selatan, mungkin menu baru ini bisa menjadikan salah satu hidangan khas dimeja makan. Untuk resep yang lainnya bisa dicari di post artikel yang lain.