Resep Sambal Bacang


Dipalembang, ada satu nama aneka resep sambal yang bernama sambal bacang, Bagi sebagian lidah orang Indonesia, makan tanpa sambal bagaikan sayur tanpa garam, apalagi bagi yang benar-benar hobby dan penyuka sambal pedas, mungkin mereka tidak akan terasa kenyang tanpa adanya sambal di meja makan.


Baca Juga Resep Sambal Bajak Khas dan Wangi

Buah Bacang sendiri rasanya agak mirip2 dengan mangga, agak asam gitu, orang-orang teruatama menkonsumsi buah bacang dalam keadaan segar pas buah sudah masak, karena bau harum dan wangi, banyak masyarakat Palembang yang menjadikan buah buacang sebagai campuran minuman atau es, walaupun kalah kualitas jika dibandingkan dengan mangga kuweni.

Buah bacang yang muda biasanya direndam dalam air garam, sesudah dikupas dan dipotong-potong, agar dapat dijadikan rujak atau asinan. Di Kalimantan Timur, bacang juga kerap digunakan sebagai asamdalam membuat sambal.

Dikesempatan ini saya akan berbagi resep sambal dari buah bacang yang wajib anda coba. Nama sambal ini sudah sangat terkenal dan enak rasanya, namanya sambal bacang dari pelembang. Cita rasa yang khas dari Sambal Bacang ini dijamin akan membuat lidah anda tidak berhenti makan sampai nagih lagi. Yuk kita lihat dan intip resep membuat sambal bacang dari pelembang dibawah ini.

Aneka Resep Sambal Bacang khas Palembang

Bahan :

-         6 buah cabai merah
      4 cabe rawit setan
-         1 sdt terasi goreng
-         1 sdt gula merah
-         ½ sdt garam/secukupnya
-         150 gr buah bacang diambil dagingnya
-         1 sdm kecap manis.

  
Cara Membuat Resep sambal bacang khas Pelambang

1. Buah bacang dikupas, kemudian dicuci dan cincang kasar.
2. Masukkan cabai merah , garam dan gula dalam cobek. Uleq sampai lembut
4. Campurkan Buah Bacang, garam, gula merah dan campur rata

3. Masukkan sambal dalam mangkuk dan dan hidangkan.