Cara Membuat Perkedel dari Talas atau Kimpul

Masih banyak dari kita yang tidak tahu manfaat dari talas atau orang jawa menyebutnya dengan kimpul. Talas ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Terkadang orang terdahulu tanpa mengetahui manfaat makanan tersebut, kalau makanan itu enak maka banyak orang terdahulu tinggal mengolah makanan tersebut.


Talas atau kimpul ini bisa langsung direbus dan dikonsumsi setelah matang, tentunya menunggu dingin dulu biar lidah nggak terbakarJ. Tapi kalau ibuku, terkadang dia mengolah talas atau kimpul untuk dijadikan lauk pauk. Talas ini bisa diolah menjadi perkedel seperti kita mengolah kentang untuk dijadikan perkedel juga.
Rasanya juga cukup gurih, kalau anda belum pernah mencobanya, anda layak mencoba resep untuk yang satu ini. Untuk bahan-bahan dan caranya tidak berbeda dalam pengolahan kentang untuk dijadikan perkedel.

ini penampakan talas atau kimpul yang belum pernah tahu:)


Bahan-bahan yang dibutuhkan.

  1. Talas/ kimpul 500 gr
  2. Butiran merica 1 sdt, haluskan
  3. Bawang putih 3 buah ukuran sedang
  4. Bawang goreng buat taburan
  5. Garam secukupnya
  6. Daun bawang dan seledri.
Cara membuat perkedel talas atau kimpul.

  1.  Kukus kimpul sampai empuk dan benar-benar sudah matang beserta kulitnya.
  2. Keluarkan dan dinginkan, kemudian kupas
  3. Tumbuk halus, kemudian tambahkan merica halus, bawang merah goreng, garam, daun seledri
  4. Kemudian bentuk adonan hingga menjadi bulat atau sesuai selera.
  5. Siapkan tepung encer dan tambahkan garam sedikit saja dan masukkan adonan yang telah dibulat-bulat tadi ke dalam adonan tepung sebelum digoreng.
  6. Panaskan minyak, dan goreng dengan api sedang.
  7. Setelah matang segera angkat dan tiriskan.
Begitulah proses pembuatan perkedel dari talas atau kimpul. Kalau perkedel dari kentang, kentang bisa dikukus ataupun digoreng, tapi khusus untuk perkedel dari talas atau kimpul, bahan ini hanya bisa dikukus saja.