Resep sate Kambing Madura yang Menggigit.

Rahasia Sate Madura yang Lezat
Setelah berakhir musim lebaran tahun ini, sebentar lagi kita akan menyambut hari raya haji. Kita tahu sendiri kan? Kalau musim tahun haji, di tanah air atau di tanah arab sana, bagi yang mampu khususnya di Indonesia, mereka akan menjalankan ibadah haji dan bagi yang menjalankan ibadah kurban,. Ibadah ini di contohkan oleh Nabi Ibrahim pada waktu dahulu.

Karena banyaknya orang-orang muslim yang menjalankan ibadah dengan berkurban, baik daging sapi dan daging kambing. Mungkin sebagian kita terkadang masih bingung, kalau kita dapat kiriman daging kambing gratis dari masjid di sekitar kita. Mau diapakan enaknya daging kambing ini.  Untuk menjawab kebingungan ini dan menyia-nyiakan daging kambing yang kita terima, ada baiknya bunda bisa mencoba resep sate kambing ala Madura.
Memang pada dasarnya, sate kambing menggunakan bumbu cabe dan kecat serta ditambahkan kecap, tapi kali ini saya ingin membagi resep sate kambing Madura menggunakan bumbu kacang. Bumbu kacang untuk sate kambing ini agak berbeda dengan bumbu pecel untuk sayuran.
Agar mudah dimengerti, baiknya kita langsung praktek saja, bahan-bahannya pun seperti biasa, sangat mudah ditemukan di dapur kita, yang penting bahan utama daging kambing sudah tersedia.
Bahan dan Resep Sate Kambing bumbu Kacang yang lezat.
  1. 500 gr daging kambing, lebih baik gunakan bagian paha bawah, tapi kalau memang tidak ada, juga tidak apa-apa, yang penting bumbu yang kita gunakan pas den enak, tidak berpengaruh terhadap bagian kambing yang mana.
  2. Ambil jeruk limau atau jeruk purut buat perasan agar daging tidak amis
  3. Kecap kental manis 250 ml, 100 ml gunakan untuk campuran bumbu kacang dan sisanya untuk olesan daging kambing waktu dipanggang.
  4. Bawan merah ukuran sedang 8 buah, kupas dan potong kecil-kecil untuk bumbu kacang nantinya.
  5. Buah Cabe merah dan cabe rawit secukupnya untuk bumbu kacangnya. Tergantung selera mau pedas atau tidak.
  6. Bawang putih sebanyak 5 siung ukuran sedang untuk bumbu kacangnya.
  7. 300-350 gram kacang tanah. Goreng sampai matang
  8. Garam secukupnya .
  9. Air matang secukupnya.
  10. Tusuk sate sebanyak potongan daging yang kita punya.
 Cara Memasak Sate Kambing Madura bumbu Kacang
  1. Daging  dipotong potong sesuai selera, bungkuslh dengan daun pepaya atau parutan nanas supaya nanti sate daging kambing menjadi empuk.
  2. Sembari menunggu dagingnya empuk, haluskan kacang tanah goreng, bawang merah, bawang putih, bawang merah dan cabai merahnya. Beri garam secukupnya.
  3. Masak diatas api kecil bahan bahan bumbu kacang diatas yang sudah dihaluskan sampai keluar minyaknya dan tercium harum.
  4. Tusuk daging dalam tusukan yang sudah kita persiapkan
  5. Ambil bumbu kacang diatas sedikit dan beri air secukupnya dan kecap manis.
  6. Siapkanlah bakaran sate. Bisa menggunakan bakaran gas atau lebih baik menggunakan arang kelapa. Tunggu sampai menjadi bara buat panggangan dengan arang kelapa.
  7. Jangan lupa, olesi tusukan sate dengan bumbu kacang diatas. Bolak balik sampai semua bagian terkena bumbunya. Panggang dan jangan lupa dibolak balik supaya matangnya merata.
  8. Kalau ada sisa lemak yang tidak bisa digunakan, beri sedikit diatas bakaran supaya baunya lebih harum.
  9. Setelah sate setengah matang, olesi lagi dengan  bumbu kacang diatas dan bakar kembali sampai benar benar matang dagingnya, ingat jangan sampai gosong.
  10. Siapkan bumbu kacang buat sate yang sudah kita buat Tambahkan kecap manis ke dalam sisa bumbu kacang dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Ambil sate yang sudah matang dan sirami dengan bumbu kacang diatas. Lumuri dengan perasan jeruk limau diatasnya. Kalau suka bunda bisa juga memberikan potongan bawang merah dan taburkan di atas satenya.

Itulah artikel atau cara resep sate Madura bumbu kacang yang cukup terkenal di kuliner Indonesia. Anda layak mencobanya, karena sate yang dihasilkannya bisa empuk tanpa harus direbut terlebih dahulu. Sedikit tips agar daging kambing bisa empuk, parutlah nanas, dan rendam sebentar daging kambing, jangan terlalu lama, nanti daging kambing bisa hancur kalau di tusuk, selamat mencoba