Resep Coto Makassar yang Lezat

Resep Coto Makassar
Aaahhh….kali ini saya ingin berbagi resep dari makasar Sulawesi selatan. Terkadang kalau dipikir, kenapa sih menggunakan “C” bukan “S” hahahaha………yah suka-suka mereka mau menggunakan awalan “C” yang artinya coto, kalau berawalan “S” berarti SotoJ, mungkin biar nggak sama kali dengan nama soto yang sudah banyak bertebaran di jagad kuliner, dan sudah dibranding dengan nama “Coto”, just kidding aja ya bundaJ


Coto makassar ini berbahan dasar daging dan jeroan, tapi kalau bunda atau keluarganya gak suka dengan jeroan bisa di skip saja, toh tidak mengurangi rasa coto makasar itu sendiri. Untuk resep coto makasar dengan soto-soto yang sudah bersliweran di jawa hanya perbedaannya pada bumbu ketumbar dan jintan. Ke dua bahan ini sebelum digunakan, terlebih dahulu harus di sangria, sehingga nantinya kuah dari coto makasar benar-benar nendang dan segar banget.

Okelah, saya tidak akan berpanjang lebar untuk bercerita betapa enak dans segarnya coto makasar ini, saya berpikir, rasa dan kuah dari coto makasar tidak kalah dengan soto-soto yang berada di jawa, baik soto lamongan, soto kudus ataunpun soto medan.

Bahan-bahan pembuat coto makassar

1.      Siapkan daging 1 kg, kalau ada. Pilihlah bagian sengkel ya temans, nanya yang sama yang jugal daging pasti ada, atau kalau tidak pesan dulu juga bisaJ
2.      300 gr kacang tanah ( digoreng terlebih dahulu dan nantinya diblender dengan bumbu halus lainnya)
3.      ¼ kg hati sapu atau paru, pilih yang disuka
4.      1 sdm air asam
5.      Gula merah secukupnya
6.      2 liter air tajin ( usahakan sudah cucian ke 2/ ke-3 ya bunda).

Bumbu yang dihaluskan untuk Bahan Coto Makasar

  1. 4 siung bawang putih ukuran sedang
  2. 6 siuang bawang merah ukuran sedang
  3. 1 cm jahe haluskan
  4. 3 batang serai, geprek ujungnya
  5. ½ butir pala
  6. ¼ sdt jintan dan disangrai terlebih dahulu
  7. 1 sdm ketumbar disangrai
  8. 1 lengkuas, iris tipis saja
  9. ½ sdt merica bubuk
  10. Daun salam
  11. Garam secukupnya.

Pelengkap ( Sambal tauco)
  1. 10 Cabe rawit keriting/ setan direbus
  2. 2 butir bawang merah
  3. 1 butir bawang putih
  4. Tauco
Cara Membuat sambal Tauco
-          Rebus semua bahan sampai matang, haluskan
-          100 gr tauco ditumis terlebih dahulu dengan sedikit minyak goreng hingga matang, tambahkan gula merah dan garam secukupnya
-          Campur cabe, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan tauco, campurkan dengan rata.

Cara membuat: Coto Makasar
  1. Rebus terpisah jeroan, baik hati atau babat jika ada hingga lunak, potong kecil-kecil dan sisihkan
  2. Kemudian rebus daging sapi bersamaan dengan  air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam sampai matang dan angkat serta tiriskan, jangan lupa dipotong dadu..
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium harum, masukkan ke dalam bekas air rebusan daging ,tambahkan kacang tanah yan sudah di goreng, didihkan.
  4. Untuk penyajian: Siapkanlah mangkuk, kemudian isi dengan daging dan paru atau jeroan lainnya yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Taburkan bawang goreng irisan daun bawang serta seledri, sesegera mungkin sajikan hangat dengan ketupat dan sambal taoco, selamat menikmati.

Itulah beberapa rahasia atau tips cara membuat coto makasar yang paling enak, resep ini wajab dicoba, karena kuah yang dihasilkan sangat lezat dan menggoda, jangan berputus asa unuk mencoba resep, kunci mencoba resep ada pada takaran bumbu, kalau kita sudah biasa melakukannya, dijamin masakan anda akan digemari banyak orang.