Resep Bolu Pandan Lembut

Cara Membuat Bolu Pandan

Cara Membuat Bolu Pandan lembut sangat mudah sekali, anda bisa menggunakan Loyang kotak atau kebanyakan para emak-emak yang suka bikin bolu suka menggunakan Loyang tulban. Apa sih Loyang tulban? Itu lho, Loyang yang bolong ditengahnya hihihii……


Sebenarnya membuah bolu pandan itu juga merupakan kreasi dari kue-kue bolu yang sudah banyak beredar di internet. Cuman untuk menghindari rasa yang itu-itu saja, maka terciptalah resep bolu pandan. Warna kue bolunya yang hijau, sangat menarik mata untuk mencicipinya, ditemani dengan secangkir teh di sore hari.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat Resep Bolu Pandan.

1.     Sediakan 4 telur utuh, dengan berat masing-masing telur kurang lebih 55-60 gram

2.     100 gram tepung terigu kunci biru/ tepung protein rendah

3.     125 gram gula pasir/sesuai selera

4.     10 gram susu bubuk full cream, merk terserah

5.     15 gram tepung maizena untuk melembutkan kue.

6.     ¼ sdt baking powder, aku menggunakan merk Hercules.

7.     Margarin lelehkan sebanyak 75 gram saja.

8.     Pasta pandan cair 1 sdm .

Cara Membuat Bolu Pandan Harum dan Lembuh.

1.     Sembari membuat adonan jadi, panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 180’C, apabila adonan sudah siap, tinggal dimasukkan ke dalam oven tanpa menunggu oven panas lagi.

2.     Sediakan Loyang tulban dengan diameter 20 cm, dan jangan lupa diolesin margarin dan ditabur dengan tepung terigu tipis-tipis saja.

3.     Tepung terigu, tepung maizena baking powder dan susu bubuk di jadikan satu, setelah itu diayak agar tidak ada yang menggumpal atau bergerindil, sisihkan.

4.     Kocok Telur, dan gula pasir dengan kecepatan tinggi sampai putih dan pucat, sbg cirinya, apabila baling-baling mixer diangkat, adonan tidak mudah jatuh. Lamanya pengocokan ini tergantung dari masing-masing merk mixer ya teman.

5.     Setelah kekentalan sesuai yang kita inginkan, turunkan mixer di speed 1, dan masukkan campuran tepung tadi sedikit demi sedikit agar bisa tercampur dengan merata.

6.     Kalau takut adonan yang sudah bagus turun kembali apabila di kocok menggunakan mixer, setelah kekentalan yang diperkirakan selesai, maka mixer bisa dimatikan, campurkan semua tepung dan gula bubuk serta baking powder, dan gunakan aduk balik, jangan sampai ada endapan.

7.     Yang terakhir, masukkan margarin leleh dan pasta pandan, aduk balik sekali lagi biar benar-benar tercampur rata.

8.     Tuang ke dalam oven tulban, ratakan dengan spatula.

9. Sebelum dimasukkan ke dalam over, Loyang kita hentakkan secara perlahan, agar tidak ada gelembung atau ruang kosong di dalam Loyang.

10.  Oven selama kurang lebih 15-20 menit/sampai matang, sebelum diangkat dari oven, lakukan tes tusuk, apabila sudah tidak ada adonan yang menempel di lidi, maka roti bolu pandan sudah matang.


Anda patut mencoba resep bolu pandan ini, dari aromanya tercium sangat harum, dan hasil roti pandan sangat lembut dan enak dilidah