Resep Soto Betawi yang Gurih dan Special

Resep soto betawi asli
Resep Soto Betawi - Makanan jenis soto di Indonesia sangat beragam, maklum Negara Indonesia terdiri dari sabang sampai merauke, dari Jakarta sampai papua. Begitu juga menu khas masakan soto. Kalau di Jakarta, kita mengenal soto betawi yang bahannya terdiri dari daging dan santan kelapa.
Sementara kalau di jawa timur kita mengenal soto lamongan. Di artikel berbeda, nanti saya akan share juga resep cara membuat soto lamongan khas jawa timur. Sementara di jawa tengah terkenal dengan nama soto kudus, silahkan dibaca resepnya disini Resep Soto Kudus yang Gurih

Di sini saya akan mencoba berbagi resep soto betawi yang sudah diuji coba didapur NCC yang sudah sangat terkenal. Tidak hanya terkenal di daerah betawi saja, sekarang di kenal dengan kota Jakarta, tetapi soto betawi juga mudah ditemukan di kota-kota lain.
Untuk resep dan bahan pembuat soto betawi sangatlah mudah dan tidak sulit. Untuk daging, kita biasa menggunakan daging sapi. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan dalam membuat Resep soto betawi.

Bahan dan Resep Soto Betawi

250 gr     Pilih daging sandung lamur
150 gr     paru ( optional, kalau nggak suka bisa di skip)
150 gr     usus ( Optional, kalau nggak suka bisa di skip)
150 gr     babat ( optional, kalau nggak suka bisa di skip juga)
500 ml     susu sapi segar/santan
1500 ml   air, jadikan 1000 ml
3 sdm      minyak goreng secukupnya
Bumbu halus yang dipakai dalam memasak resep soto betawi:


5 bh     cabe merah dan 3 cabe rawit merah
10 bh   bawang merah
7 bh     bawang putih
1 sdt     merica bubuk/ 10 butir merica dan haluskan
1 iris     jahe
2 sdt     jinten
3 lbr     daun salam
2 btg    serai, geprek saja
1 sdt     cengkih bubuk
5 sdm   minyak goreng/secukupnya
Pelengkap Resep soto betawi:

2 bh     irisan tomat segar.
1 btg    daun bawang, iris kecil-kecil
1 btg    daun seledri, iris kecil-kecil
Bawang goreng, emping goreng, sambal cabe rawit, acar
Cara membuat Resep Soto Betawai:

1.     Rebuslah daging dan tambahkan 1 sdm garam, masak hingga benar-benar empuk, angkat dagingnya, setelah itu potong dadu, masukkan lagi kedalam kuah yang ingin kita masak.

2.     Ditempat lain rebus juga Paru, Usus babat hingga benar-benar empuk, kemudian dibuang airnya. Potong sesuai selera paru, babat, dan usus tersebut dan sisihkan.

3.     Tumislah semua bumbu, kemudia masukkan kedalam kuah yang sudah kita persiapkan yang berisi daging, disusul dengan jerohan yg sudah dipotong-potong tadi. Tambahkan susu segar dan di didihkan.

4.     Sajikanlah soto ke dalam mangkuk yang sudah kita persiapkan, beri irisan tomat, daun bawang seledri serta bawang goreng. Hidangkan soto betawi bersama emping, sambal dan acar dalam tempat terpisah.

5.     Untuk lebih lezat, anda bisa menambahkan minyak samin, tambahkan 1 sdm minyak samin ke dalam mangkuk soto ketika kuah panas mendidih. Biarkanlah minyak samin meleleh bersamaan dengan kuahnya. Resep soto betawi siap disantap disantap dengan lauk dan pelengkapnya.