Resep Bolu Pisang panggang Rumahan

Resep Bolu Pisang Panggang rumahan

Menjelang lebaran, pasti ibu-ibu suka bereksperimen untuk mencoba berbagai resep yang bertebaran did internet, salah satunya resep yang banyak dicoba oleh ibu-ibu adalah resep bolu pisang panggang. Kenapa resep ini pengen dicoba? Karena mengingat, bahannya sangat mudah ditemukan, dan rata-rata anak-dan suami juga sangat menyukainya.
Maklum waktu kita bayi, pisang sering digunakan untuk menyuapin bayi. Jadi lidah kita sudah terbawa dan terbiasa, kalau makanan atau roti yang berbau pisang sudah nempel dan melekat di lidah kita ….;-)

Untuk itu, saya disini ingin berbagi resep yang sudah pasti berhasil untuk diuji di dapur mama-mama cantik di rumah. Walaupun belum mempunyai nilai jual, saya pikir anda layak mencoba resep bolu pisang panggang ini dirumah, jika anak-anak dan keluarga kita menyukainya, saya rasa itu akan menimbulkan kepuasan tersendiri bisa menyajikan roti yang sehat.

Bahan-bahan resep bolu pisang panggang yang lezat.

-         Pisang yang sudah matang, timbang tanpa kulit 500 gr
-         Susu cair merk apa saja, 50 ml, baiknya suhu ruang
-         Gula pasir 110 gr
-         4 butir telur, kira-kira ukuran 1 butir 55-60 gr
-         100 gr gula merah/jawa
-         ¼ sdt garam
-         Tepung terigu protein sedang merk Segitiga 300 gr
-         Tepung maizena 25 gr, agar kue lebih lembut, jangan kebanyakan
-         1 sdt baking powder, aku menggunakan merk Hercules
-         1 sdt baking soda
-         1 sdt vanilla essence
-         Mentega/margarine lelehkan 200 gr

Cara Membuat Resep Bolu Pisang Panggang.

-         Panaskan oven terlebih dahulu, jadi waktu adonan kue siap, adonan tidak perlu menunggu lagi di suhu ruang

-         Siapkan Loyang yang bolong ditengah, kurang lebih diameter 23 cm, olesi Loyang dengan margarine, dan taburi dengan tepung tipis saja.

-         Pisang yang sudah kita siapkan, terlebih dahulu dilumatkan, gunakan garpu atau diblender juga bisa, kemudian campur dengan susu cair, sisihkant terlebih dahulu.
-         Campur tepung terigu, tepung maizena, baking powder, baking soda, ayak terlebih dahulu biar tidak bergerindil nantinya.

-         Kocok gula pasir, telur, gula merah dan garam hingga putih kental, bila baling-baling mixer diangkat, tidak mudah jatuh adonannya.

-         Setelah itu, pisang yang sudah kita hancurkan dimasukkan terlebih dahulu, aduk perlahan dengan spatula atau mixer dengan speed rendah
.
-         Di susul kemudian masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit aduk dengan spatula, matukan mixer, aduk teknik balik sampai tercampur rata.

-         Tuang kedalam Loyang yang sudah kita persiapkan, hentakkan adonan beberapa kali secara perlahan, biar tidak adonan yang mengendap dibawah, dan bisa merata.

-         Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 40-50 menit, masing-masing jenis oven berbeda, kenali panas oven masing-masing.

-         Sebelum dikeluarkan dari oven, tes tusuk, jika lidi kita angkat, maka tidak adonan yang menempel pada lidi tersebut, berarti roti bolu pisang panggang sudah matang.


-         Balikkan segera dari Loyang, potong-potong sesuai selera.