Resep Sop daging kambing Empuk dan Lezat


Resep Sop Kambing - Masakan sop daging kambing di Indonesia termasuk banyak penggemarnya, disamping bisa diolah menjadi sate, memasak sop daging kambing juga menjadi salah satu pilihan bagi ibu-ibu yang menggemari masak sop yang berkuah.
Sop daging kambing ini, paling enak disajikan di menu siang hari, memang tidak salah juga masak sop daging dipagi hari, tapi kebanyakan menu sop-sop-an enak di santap pada waktu siang hari.
Agar sop daging  kambing yang kita masak tidak bau amis, maka untuk menghilangkan bau yang kurang sedap itu, kita bisa menggunakan irisan tomat , dan waktu memasak juga, sebaiknya kita kasih perasan jeruk nipis, agar bau-bau-an yang kurang sedap itu hilang.

Bahan Membuat Resep Sop Daging Kambing :
·         Iga Kambing 750 gram.
·         Minyak goreng 3 sendok makan.
·         Garam 2 sendok teh sesuai selera
·         Kayu manis ukuran 2 cm
·         Jahe ukuran 2 cm , di geprek
·         biji pala 1 butir saja , belah
·         cengkih 3 butir
·         daun bawang 2 batang, iris
·         tomat 2 buah , iris bentuk dadu
·         bawang goreng 2 sendok makan
·         seledri 2 batang , di iris halus


Bumbu Sop Daging Kambing yang dihaluskan:
·         Bawang merah 10 buah
·         bawang putih 5 buah
·         cabai merah 3 buah.
·         merica 1 sendok teh.

Bahan Pelengkap :
·         Jeruk Limau peras
·         kerupuk emping

Cara Membuat Sop Daging Kambing:
·         Pertama- tama, potong-potong iga  kambing sesuai selera/ kira-kira ukuran 5 cm. masukan ke wadah panci, beri air , masukan jahe dan garam. rebus hingga mendidih menggunakan api sedang
·         Ambil air rebusan iga tadi ambil sebanyak 1,2 liter saja , kemudian saring. setelah itu daging kambing dimasak lagi. bila air kaldu berkurang bisa ditambahkan air yang mendidih.
·         siapkanlah wajan, panaskan minyak. kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan.masukan semua bumbu baik pala , cengkih , dan juga kayu manis. aduk hingga tercium bau harum.
·         setelah itu masukan ke wadah panci yang berisi daging iga kambing.
·         Kemudian direbus lagi sampai mendidih. Setelah itu bisa  dimasukkan tomat dan irisan daun bawang. tunggu sebentar saja, setelah itu angkat.

·         Untuk saran penyajian. masukan sop ke dalam mangkok. jangan lupa kasih daging kambingnya dan kuah. diatasnya taburi bawang goreng dan seledri. beri perasan jeruk limau dan santap bersama nasi.