Resep Membuat Sate Daging Sapi Maranggi yang Enak dan Lezat

Resep Sate Maranggi - SIapa yang tidak kenal dengan sate sapi Maranggi ini, hmm…enaknya di santap pada waktu sore-sore atau jelang margrib, disamping dagingnya empuk, rasa-nyapun bisa bikin kita ketagihan.

Saya disini ingin berbagi resep bagaimana membuat sate maranggi menggunakan daging sapi dan cara membuat saus untuk sate maranggi ini, silahkan berkreasi.
Bahan Utama yang Diperlukan Membuat Sate Maranggi:
·         Daging sapi 700 gr
·         3 sdm kecap manis atau sesuai selera
·         100 gr gula merah di parut
·         25 tusuk sate
Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Sate Maranggi:
·         12 bawang merah
·         2 sdm air asam
·         1 sdm ketumbar
·         8 siung bawang putih ukuran sedang
·         1 sdt garam atau secukupnya, koreksi rasa.
Bahan dan Bumbu Membuat Saus Cabai Untuk Sate Maranggi:
·         2 bawang merah, dicincang
·         Sedikan cuka 1 sdm
·         Kemudian siapka 5 cabai hijau kecil kemudian di cincang
·         2 tomat merah ukuran sedang, cincang
·         Yang terakhir siapka 5 sdm kecap manis|
Cara Membuat Sajian Sate Daging Sapi Maranggi yang Enak dan Sedap
1.     Potonglah terlebih dahulu daging sapi yang sudah disiapkan dengan bentuk dadu ukuran kecil. Hindari memotong daging terlalu besar dan terlalu tebal agar daging yang nantinya dibakar dapat lebih mudah matang secara merata.
2.     Selesai memotong daging tadi, kemudian sekarang tempatkan daging pada wadah berukuran sedang dan sisihkan untuk sementara.
3.     Masukkan parutan gula merah tadi kedalam potongan daging yang ditempatkan pada wadah bersama ditambh dengan kecap manis dan bumbu halus. Lumuri semua bagian permukaan dagng hingga merata semuanya terbaluti dengan bumbu halus dan kecap.
4.     Kira-kira diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap sehingga nantinya daging akan terasa lebih sedap sewaktu sudah matang dan disajikan.
5.     Setelah didiamkan, ambil tusukan sate dan tusukan potongan daging pada tusuk sate, setiap 1 tusukan sate buat 4-5 daging sapi..
6.     Kemudian panggang daging diatas bara api, balik-balikan dan berikan olesan kecap manis dan margarin. Bakar hingga sate menjadi matang.

Cara Membuat Saus Cabai untuk sate sapi Maranggi.
1.     Cincang cabai hijau dan bawang merah kemudian di campur rata bersama irisan tomat, tambahkan cuka dan kecap manis, setelah itu aduk-aduk hingga tecampur merata.
2.     Sisihkan dulu bumbu yang telah kita buat ini jika daging sate belum matang.
Saran Penyajian, setelah daging sate matang, siapkan piring ceper, susun sate meranggi, kemudian siram dengan saus cabai yang sudah kita persiapkan, lebih enak disantap pada waktu sate masih hangat denga nasi hangat-hangat juga.
Selamat mencoba dan berkreasi dengan sate meranggi ini, semoga berhasil