Resep Kue Kering Lebaran Kastengel


Lebaran akan segera tiba, tapi tunggu dulu ya, kita harus puasa satu bulan penuh untuk sampai ke hari raya kemenengan bagi umat muslim sedunia yaitu lebaran. Dihari lebaran tentu sudah tidak asing lagi dengan hidangan aneka kue kering lebaran, diantaranya Kue Nastar dan dan kue kering lebaran yang tak kalah enaknya adalah kue kering KASTENGEL.

Resep Kue Kering Kastengel tidaklah susah untuk dibuat sendiri, bahkan banyak ibu-ibu rumah tangga pada waktu lebaran juga menerima pesanan untuk membuat kue kering kastengel ini. Untuk resep kue kastengel ini, sudah banyak bersliweran di internet, tapi saya sarankan anda mencoba resep dibawah ini, disamping rasa asinnya yang pas, kue yang dihasilkan juga lembut.
Inilah resep kue kering kastengel untuk lebaran nantiJ
Resep Kue Kering Kastangel

Hasil : Kurang lebih 80 s/d 100 buah kastangel

Bahan Untuk Membuat Kue Kering Kastengel

-           300 gr margarine atau kombinasi 200 gr margarine+ 100 gr mentega
-           1 butir telur suhu ruang
-           2 butir kuning telur suhu ruang
-           300 gr Keju cheddar di parut, sisihkan kurang lebih 4 sendok, gunakan keju merk edam lebih enak rasanya.
-           2 sdm susu bubuk ( optional)
2 sdt vanilla extract ( optional)
-           375 gr tepung protein sedang

Bahan Olesan untuk Kue Kering Kastengel:

-  Gunakan 1 butir kuning telur untuk mengoles + 1 sendok teh minyak goreng baru ditambahkan 1 sendok teh air

Baca Juga Cara Membuat Martabak Daging Kari

Cara membuat Kue Kering Kastengel:

1.     Pertama siapkan loyang untuk memanggang kue kering, alasi dasar loyang dengan kertas baking. Sisihkan. Panaskan oven, set disuhu 165'C terlebih dahulu biar panas.  
2.     Siapkan mangkuk mixer, masukkan margarine dan mentega, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik menjadi adonan yang smooth/lembut  dan warnanya menjadi pucat. Kemudian masukkan kuning telur dan telur satu per satu sambil terus dikocok dan naikkan kecepatan mixer dan adonan menjadi berwarna agak putih, mengembang dan lembut.
3.     Turunkan kecepatan, lalu masukkan parutan keju, kocok hingga tercampur rata saja ya bunda cantik
4.     Setelah itu masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk balik dengan spatula atau gunakan mixer lagi dg kecepatan rendah saja, jangan lama2, yang penting tercampur rata saja.

Tips :
Jika adonan terasa lembek maka tambahkan bertahap sedikit demi     sedikit porsi tepung hingga adonan mengeras dan bisa dibentuk. 

Cara Melipang Roti Kering Kastengel

1.     Letakkan selembar kertas baking di meja datar. Ambil sebagian adonan, letakkan di atas kertas baking, lipat kertas  sehingga sebagian menutupi permukaan adonan, tekan dengan telapak tangan agar agak pipih dan gilas dengan kayu penggilas hingga ketebalan 1 cm.  
2.     Potong-potong memanjang dengan lebar 1 cm. Potong dengan menggunakan scrapper adonan yang tipis. Kemudian potong masing-masing adonan sepanjang 4 cm. Tata masing-masing potongan adonan ke loyang yang telah disiapkan. Tidak perlu memberi jarak yang terlalu berjauhan antar adonan kue, olesi permukaannya dengan kuning telur kocok dan taburi dengan keju parut

Biasanya di sekitar Loyang tempat menata kue kering kastengel ini, berserakan serpihan keju, bunda tinggal gunakan pisau, tarik serpihan keju dan tempelkan ke kue terdekat, sehingga tidak ada lagi remahan keju.

3.     Kemudian masukkan kue ke dalam oven, dan panggang kira-kira 20 menit hingga permukaannya menjadi kuning keemasan, dan bagian dasar  terlihat agak kecoklatan. Setelah matang Keluarkan kue dari oven dan dinginkan di atas rak kawat, simpan di dalam wadah tertutup rapat. Siap disajikan