Resep Bolu Kukus Mekar dan Lembut


Di internet, banyak beredar resep bolu kukus mekar, di sini saya ingin mencoba memberikan resep anti gagal dan Insya Allah bisa mekar sempurna, agar tidak banyak membuang waktu, saya akan tuliskan resep cara membuat bolu kukus mekar tersebut.


Bahan-Bahan Persiapan

275 gram Tepung Protein sedang ( Segitiga Biru)

200 gram gula pasir

2 butir telur utuh

2 sdt Emulsifier ( saya biasa menggunakan merk quick 28)

½ sdt essence vanili ( untuk menghilangkan rasa amis)

½ sdt baking powder ( saya menggunakan Baking powder double acting merk Hercules/ BPDA)

225 ml soda tawar/ sprite

Pewarna makanan ( sesuai selera).

Cara Membuat resep bolu kukus mekar lembut

Masukkan gula pasir, telur dan emulsifier ke mangkuk mixer, gunakan speed 1 terlebih dahulu kurang lebih 1 menit agar tercampur rata, setelah itu naikkan speed nomor 3 /ke yang lebih tinggi ( tergantung masing2 merk mixer ), sampai kaku dan adonan meninggalkan jejak/tidak mudah jatuh bila tungkai pengaduk adonan diangkat.

Turunkan speed ke nomor 1, masukkan tepung dan baking powder sambil diayak diatas mangkuk mixer. Jangan terlalu lama, nanti adonan yang sudah kental bisa encer kembali kalau terlalu lama ( diaduk sebentar saja/ kalau takut adonan menjadi encer kembali, gunakan spatula dengan cara aduk balik.

Kemudian masukkan sprite dan vanilla essence dan aduk sebentar saja sampai tercampur rata saja.

Siapkan paper cup/ cetakan bolu kukus , kemudian masukkan kira2 setengah adonan tanpa warna terlebih dahulu.

Setelah itu baru masukkan adonan yang sudah diberi warna, diisi penuh, kalau tidak penuh, nanti bolu kukus mekar tidak bisa mekarJ, diselang seling sesuai keinginan kita biar terlihat cantik.

Setelah adonan habis, kukus dalam dandang kukus ( inget waktu memasukkan kue bolu kukus mekar ini, dandang harus benar-benar sudah panas dan airnya sudah mengeluarkan asap panas yah)

Tunggu kira-kira 10-15 menit/ hingga benar-benar matang.
1