Mangut Ndas Manyung Super Pedas



Kali ini admin akan mencoba membagi resep masakan super pedas yang berasal dari olahan ikan, bagi sebagian orang jawa, jenis masakan ini pastilah sangat popular, karena banyak warung-warung menyajikan menu yang satu ini.
Menu yang paling di gemari oleh sebagian masyarakat jawa ini adalah menu Masakan Mangut, dimana ikan yang bisa dimasak mangut diantaranya ada “Ndas Manyung”, badan manyung, belut asap, lele dan ikan lainnya. harga mentah untuk ikan asap " ndas manyung " ini bervariasi, ada yang kecil, sedang dan besar. untuk harganya pun disesuaikan dengan besar kecilnya ikan asap ndas manyung ini, dari mulai Rp 3.000 sampai Rp 20.000, semoga bermanfaat, dibawah ini saya coba tuliskan resepnya.

Resep Mangut Ndas Manyung

Bahan :

3 buah ndas manyung ukuran Sedang
10 buah tahu goreng segitiga
1000 ml santan kelapa sedang
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Kaldu bubuk 1 sendok teh dan garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
Bawang merah 10 buah, iris tipis
Bawang putih 7 siung, iris tipis
Cabai merah keriting 20 buah ulek halus ( sesuai selera pedasnya )
Cabai rawait 5 buah
Cabai setan 5 buah
Tomat potong-potong sesuai selera
Petai 1/2 papan, kupas

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, kemudian masukkan cabai halus,Petai dan tomat dan tumis hingga benar2 matang. Tuangi santan, masukkan bumbu2 lain. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan ndas manyung, Masak hingga meresap dan kuah menyusut dengan api kecil. Koreksi rasa. Sajikan hangat dengan nasi putih hangat.

oh iya apabila anda ingin masakan yang berkuah tapi tidak bersantan, anda bisa juga mempelajari resep lainnya  DISINI