Lontong Opor di Jamin enak dan Lezat

Lontong Opor Lezat dan Enak

Menjelang waktu lebaran, khususnya bagi masyarakat muslim sangat mengenal dengan masakan lontong opor. Masakan ini terkenal dengan kuahnya yang kental dan pedas dengan bumbu-bumbu rempah yang sangat kuat dan menggoda lidah untuk menyantapnya.


Namanya juga lontong opor, pasti bahan utamanya lontong yang terbuat dari beras. Kebanyakan orang membuat lontong opor berbentuk bulat lonjong, tapi ada sebagian masyarakat yang membuat lontong menggunakan daun pisang tapi dibuat bentuk segitiga.

Ibuku dirumah juga membuat lontong dengan daun pisang berbentuk segitiga. Cara membuatnya pun sebenarnya tidak susah. Tinggal kita memilih beras yang cukup bagus, untuk harga sekarang mungkin 1 kg beras di sekitaran Rp 10.000 juga sudah bagus untuk membuat lontong.

Tutorial untuk membuat lontong segitiga besok saya coba upload video-nya di sini. Agar teman-teman bisa ikut membuat tanpa membeli di warung-warung. Memang sih untuk kebutuhan yang tidak banyak, kita bisa membeli di pasar-pasar tradisional, tapi kalau misal untuk keperluan arisan, acara pengajian atau acara yang lain, lebih baik kita memasak lontong sendiri di rumah. Kalau kita makan lontong opor, tetapi lontongnya keras, itu akan mengurangi rasa lontong opor itu sendiri.

Dibawah ini, saya ingin memberikan resep cara membuat lontong opor.

Bahan-Bahan Membuat Opor Ayam Yang Enak dan Lezat.

-          Sediakan ayam kampung/ ayam pejantan 1 ekor, rasa lebih gurih dibandingkan dengan ayam potong. ( takaran bumbu disesuaikan dengan besarnya ayam ya ladiesJ

-          8 siung bawang putih ukuran sedang.
-          10 butir bawang merah ukuran sedang.
-          Cabe merah 3 buah.
-          6 butir kemiri utuh
-          1 sdt ketumbar, di sangrai terlebih dahulu
-          2 ruas jahe
-          1 ½ kunyit sebesar jari kelingking
-          1 jeruk nipis, diperas
-          4 lembar daun salam
-          Lengkuas secukupnya di geprek
-          1 butir kelapa, diperas
-          Garam, gula dan minyak untuk menumis secukupnya.

Cara Memasak Opor ayam Enak dan Lezat.
-          Goreng terlebih dahulu, Cabe, Bawang Merah, Bawang Putih, Kunyit, Jahe dan ketumbar serta kemiri.
-          Kemudian setelah di goreng, baru dihaluskan, jangan lupa di tambahkan garam.
-          Setelah itu tata ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong ke dalam wajan, kemudian lumurkan bumbu ke dalam ayam tersebut.
-          Masak di atas kompor sambil dikasih santan dan bumbu pelengkap lainnya seperti salam, lengkuas yang sudah di geprek, dan serai yang juga sudah digeprek pangkalnya.
-          Biarkan mendidih dan matang. Sebelum diangkat koreksi rasa dulu, mungkin kurang garam atau gula.

-          Angkat dan sajikan bersama lontong, serta taburi dengan bawang goreng. Selamat mencoba.