Resep Sambal Terasi Pedas Mantap


Sambal terasi ini bagi kita orang jawa sangat terkenal banget, biasanya sambal terasi ini di masak pada pagi hari dan ditemani dengan nasi hangat dan lauk tempe, tahu atau ikan goreng saja.


Cara menyajikan sambal terasi pun cukup mudah, apalagi bila kita bisa mendapatkan terasi yang rasanya enak, dijamin sambal yang kita buat dirumah pun sangat enak, tidak kalah sama yang disajikan di resto atau warung-warung yang khusus menjual aneka jenis makanan pedas.
Dibawah ini saya coba menuliskan rahasia resep sambal terasi yang pedas mantap, dijamin kita akan tergoda untuk membuat sambal terasi kembali.

Bahan-bahan pembuat sambal terasi :

15 cabai merah keriting,
5 buah cabe rawit hijau
10 buah cabe rawit setan
2 buah tomah ukuran sedang
3 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 sdt terasi yang sudah digoreng
½ sdt garam/secukupnya
2 sdt gula merah/secukupnya
1 sdt air jeruk limau
3 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuat Sambal Terasi pedas mantap

1.     Panaskan terlebih dahulu minyak, masukkan bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu sebentar, baru kita masukkan semua cabai, goreng bentar, sebelum benar-benar layu, lalu masukkan tomat lalu lanjutkan di goreng sampai benar-benar layu.
2.     Haluskan/ uleg semua bahan yang sudah kita goreng tadi, setelah mulai terlihat halus, kemudian tambahkan garam, gula merah dan tomat, uleg sampai benar-benar halus.

3.     Setelah itu baru ditambahkan perasan air jeruk limau, koreksi rasa dan sajikan dengan nasi empuk yang hangat, ditambah dengan lalapan timun yang seger.