11 Tips Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan


Setiap wanita pada dasarnya ingin memiliki tubuh dengan berat proporsional, mereka tidak ingin terlihat gemuk dan kelebihan berat badan. Apalagi kegemukan itu bisa datang dengan cepat apabila kita tidak bisa mengatur pola makan sehari-hari.


Untuk itu, saya akan mencoba memberikan 12 tips untuk diet sehat, anda tidak perlu tersiksa seharian dengan Manahan lapar yang tidak kita inginkan, terkadang kita salah, hanya makan sehari, tubuh kita akan segera langsing, padahal kalau anda tahu, dengan makan sekali, tubuh kita akan menyesuaikan, metabolisme menjadi lambat, akibanya proses pembakaran lemak didalam tubuh pun menjadi lambat, apa akibatnya? Lemak didalam tubuh kita pun menjadi bertumpuk dan mulailah kita menjadi gemuk secara perlahan.

Agar diet kita berhasil, jangan sampai badan kita menjadi langsing, tetapi kita sakit-sakitan karena menahan lapar, oke berikut saya coba uraikan 12 tips sehat untuk menurunkan berat badan

1. Sarapan itu Wajib
Jangan lupakan sarapan pagi, karena sarapan merupakan sumber energi utama. Jika Anda melewatkan sarapan, maka dapat memicu untuk makan lebih banyak dan ngemil sembarangan. Namun karena sedang diet, jadi hindari makanan berlemak tinggi. Mulai sarapan dengan setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau bisa menggunakan menu alternatif lain seperti 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur.

2. Konsumsi Protein dengan rutin

Protein merupakan salah satu zat penunjang diet yang sangat dianjurkan. Usut punya usut ternyata protein memiliki fungsi yang luar biasa yaitu mampu membakar lemak dan cocok sebagai penunjang diet sehat anda.

3. Percepat Waktu Sarapan Pagi
Jika biasanya Anda sarapan pagi jam 09.00, sebaiknya mulai sekarang majukan sarapan Anda pukul 07.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.

4. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Meskipun sedang diet, namun Anda tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat. Namun lemak yang dipilih adalah lemak baik yang bisa Anda dapatkan dari alpukat, salmon, minyak zaitun dan lainnya untuk membantu transportasi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Sedangkan untuk karbohidrat, Anda bisa mendapatkannya dari dari makanan ber-GI (Glikemik Indeks) rendah seperti ubi, oatmeal, gandum dan lainnya sebagai sumber energi saat beraktivitas.


5. Salad Sayuran untuk Makan Siang
Saat makan siang, Anda bisa mencoba salad yang tetap membuat Anda tetap terhidrasi. Sayuran yang mengandung serat dapat memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun-racun lewat kotoran.


6. Tetap Makan Malam
Tubuh tetap membutuhkan protein saat tidur untuk memaksimalkan pertumbuhan. Hal penting yang harus Anda kurangi adalah menu makanan berkarbohidrat. Anda bisa memasaknya sendiri seperti dada ayam tanpa kulit yang dipanggang, merebus kentang, masak nasi merah dan tumis sayuran.


7. Perbanyak Minum Air Putih
Minumlah air putih minimal 8-10 gelas setiap hari yang dapat melancarkan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.


8. Perbanyak Buah dan Sayur
Perbanyak  mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat tinggi untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Konsumsilah minimal 5 porsi buah dan sayur sehari dan variasikan jenisnya setiap hari.

9. Hindarilah Menu Makanan Pemicu Kegemukan
Sebaiknya kurangi konsumsi garam, hindari camilan seperti keripik dan snack. Hindari juga minuman bersoda, alcohol, atau yang mengandung kafein yang berlebihan.

10. Jangan lupa makan makanan Kaya Serat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan berserat termasuk salah satu kunci keberhasilan dalam cara menurunkan berat badan anda. Konsumsi makanan berserat ini dianjurkan untuk dikonsumsi di siang hari atau malam hari. Makan berserat tinggi ini bisa didapat dari buah dan sayur sayuran. Buah mislanya pir, pisang, pepaya, dan jambu biji. Sayur misalnya brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, dan sayur-sayuran hijau.

11. Tetap Berolahraga
Diet dapat memberikan hasil yang maksimal jika Anda mengkombinasikan dengan olahraga selama 60-90 menit, 3-4 kali seminggu. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, bersepeda untuk membakar lemak tubuh. 



Jika anda konsisten untuk menerapkan pola hidup sehat seperti 12 tips diet sehat tersebut, saya yakin, anda tidak akan kegemukan, selamat tinggal gemuk, ayo mulailah sekarang, jangan ditunda lagi.